Pengertian
Sistem Informasi yaitu komponen-komponen yang saling berkaitan
yang bekerjasama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan dan sebagai dasar
pengambilan keputusan bagi yang orang yang menerimanya.
Pengertian
Pemasaran
Philip Kotler (Marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Fungsi
Sistem Informasi Pemasaran
Fungsi SIP adalah untuk menilai, mengembangkan kebutuhan informasi dan
mendistribusikan informasi tersebut
secara tepat waktu kepada manajer pemasaran di dalam sebuah perusahaan
untuk memesarkan produk-produk perusahaan tersebut.
Bagian dari
Sistem Informasi Pemasaran
1. Subsistem riset pemasaran,
merupakan sistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis
data pelanggan dan calon pelanggan.
2. Subsistem informasi
pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan
analisis terhadap pelanggan dan pesaing.
3. Subsistem pemrosesan
transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4. Subsistem produk, berguna
untuk membuat rencana produk baru.
5. Subsistem tempat, berguna
untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan
produk yg dihasilkan.
6. Subsistem promosi, berfungsi
untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan
penjualan.
7. Subsistem harga,
berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8. Subsistem peramalan
penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.
Komponen
Sistem Informasi Pemasaran
Komponen Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi
pemasaran perusahaan. Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari
lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan
operasi pemasaran.
operasi pemasaran.
Komponen Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai
dengan kebutuhan pemakai sistemnya.
Komponen Output Pemasaran
Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu
sebagai bagian dari bauran
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung.
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung.
Komponen Basis Data Pemasaran
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base.
Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak
yang berbagi dengan area fungsional lain.
Contoh dari
SIP
Perusahaan “PT. Pro Roll International” merupakan perusahaan yang
bergerak dalam bidang penjualan pelumas.
Dan sistem informasi pemasaran masih dilakukan secara manual sehingga
kinerjanya belum efektif.
Oleh karena itu, perusahaan “PT. Pro Roll International” bermaksud mengkomputerisasikan sistem bagian penjualan
untuk memaksimalkan kinerjanya.
Diharapkan setelah sistem informasi penjualan dikomputerisasi, maka
pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data transaksi dapat dilakukan secara
akurat dan cepat .
Contohnya dengan cara buat program yang memudahkan dalam mempromosikan
serta berinteraksi dengan pembeli (website).
#sumber : http://materikuliahmanajement.blogspot.co.id/2013/11/sistem-informasi-pemasaran.html
Tidak ada komentar