Sistem Informasi Pemasaran

Share:

Hasil gambar untuk sistem informasi pemasaran 
 
Pengertian
Sistem Informasi yaitu komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerjasama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan dan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi yang orang yang menerimanya.

Pengertian Pemasaran
Philip Kotler (Marketing)
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Fungsi Sistem Informasi Pemasaran
Fungsi SIP adalah untuk menilai, mengembangkan kebutuhan informasi dan mendistribusikan informasi tersebut  secara tepat waktu kepada manajer pemasaran di dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk-produk perusahaan tersebut.

Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
1.       Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan.
2.       Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap pelanggan dan pesaing.
3.       Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4.       Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.
5.       Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.
6.       Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
7.       Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8.       Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.

Komponen Sistem Informasi Pemasaran
Komponen Input Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan. Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan
operasi pemasaran.

Komponen Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya.
Komponen Output Pemasaran
Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian dari bauran
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan.
Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung.
Komponen Basis Data Pemasaran
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.

Contoh dari SIP
Perusahaan “PT. Pro Roll International” merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan pelumas.
Dan sistem informasi pemasaran masih dilakukan secara manual sehingga kinerjanya belum efektif.
Oleh karena itu, perusahaan “PT. Pro Roll International” bermaksud  mengkomputerisasikan sistem bagian penjualan untuk memaksimalkan kinerjanya.
Diharapkan setelah sistem informasi penjualan dikomputerisasi, maka pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data transaksi dapat dilakukan secara akurat dan cepat .
Contohnya dengan cara buat program yang memudahkan dalam mempromosikan serta berinteraksi dengan pembeli (website).

#sumber : http://materikuliahmanajement.blogspot.co.id/2013/11/sistem-informasi-pemasaran.html

Tidak ada komentar